Yokai Watch World, Game Online Terbaru Pesaing Pokemon Go yang Bikin Penasaran!

Yokai Watch World, Game Online Terbaru Pesaing Pokemon Go yang Bikin Penasaran!

Anda pasti pernah mendengar sebuah game online bernama Pokemon Go, bukan? Gim yang sempat fenomenal diawal kemunculannya ini mampu membuat teknologi Augmented Reality (AR) semakin dikenal di kalangan pecinta gim dan memberi daya tarik tersendiri bagi kemajuan teknologi dunia. Kini, Pokemon Go telah memiliki pesaing baru yang tak kalah canggih bernama Yokai Watch World. Gungho Online Entertainment dan Level-5 Inc. telah sepakat menandatangani perjanjian kerjasama sebagai pengembang gim satu ini.

Tak berbeda jauh dengan Pokemon Go, Yokai Watch World memiliki gameplay yang bisa dibilang mirip karena menciptakan lingkungan gim 3D berdasarkan pada lokasi di dunia nyata dengan memanfaatkan teknologi milik Google Maps. Banyak pihak menyatakan, seperti halnya Pokemon Go yang sukses meramaikan dunia mobage, Yokai Watch World digadang-gadang juga akan mengikuti jejaknya.

Yokai Watch World menggunakan fitur lokasi GPS yang ada pada smartphone penggunanya, sehingga memungkinkan mereka untuk bisa menjelajahi Jepang dalam dunia virtual. Salah satu fitur unggulan gim ini terletak pada sistem pertarungan yang intinya pun tetap sama, yakni menangkap Yokai yang ada di dunia ini. Hanya saja, Yokai yang didapatkan oleh pemain bisa lebih banyak jika berhasil mengalahkan musuh dalam pertempuran yang tersedia. Bukan hanya itu saja, para pemain Yokai Watch World ini juga bisa melakukan transaksi dan kolaborasi dengan pemain di sekitarnya. Dalam tampilan peta gim, avatar pemain akan berada di titik lokasi yang dapat dijangkau oleh pemain lain untuk memungkinkan adanya transaksi maupun kolaborasi. Tetapi, lokasinya tidak dibuat benar-benar tepat layaknya peta. Alasanya sih sederhana, untuk mengurangi risiko hal-hal negatif yang bisa saja terjadi.

Pemain dominoqq gim ini juga dapat menanam pohon untuk menarik Yokai dan bos monster untuk menghadapi pertempuran baru. Meskipun semua fiturnya sudah terlebih dulu ada pada Pokemon Go, sepertinya Yokai Watch World masih memiliki banyak sekali trik untuk memperkenalkan gim-nya di pasaran. Banyaknya kesamaan fitur yang akan ditemukan oleh pemain dengan gim Pokemon Go, ada satu keunikan fitur pada Yokai Watch World dimana Yokai bisa diperintahkan untuk merasuki pemain lain. Hal ini memungkinkan Yokai untuk membawa item, maupun Yokai lainnya yang berasal dari region lain.

GungHo Online Entertainment merupakan pengembang gim besar asal Jepang yang pernah meraup suksesnya saat gim Puzzle and Dragon menjadi game mobile dengan pendapatan tertinggi pada tahun 2012 lalu. Kini, perusahaan tersebut tengah mencari sukses baru bersama Level-5 Inc. yang optimis bahwa Yokai Watch World dapat memikat perhatian para gamers mobile.

Kazuho Morishita selaku Presiden Gungho Online Entertainment menyatakan bahwa, pihaknya menyertakan pengalaman berbasis lokasi yang meskipun sama dengan pendahulunya, tetapi jauh dari kesan old school. Mereka memiliki kombinasi pemetaan 3D Google yang unggul, sehingga bisa menjadi daya tarik utama bagi Yokai Watch World di dunia game online.

Dengan segudang fitur dan teringat betapa asyiknya pengalaman bermain Pokemon Go, pasti membuat Anda sudah ingin sekali memainkan Yokai Watch World, bukan? Untuk itu Anda harus bersabar dulu, karena gim ini baru beredar untuk wilayah Jepang saja meskipun di sana sudah beredar untuk perangkat iOS maupun Android. Semoga para pengembangnya segera memperluas jangkauan gim satu ini, agar Anda yang di Indonesia pun bisa ikut dalam keseruan di dalamnya. Jadi, kita tunggu saja ya!