Rumah Belajar, Memberikan Kemudahan Siapa Saja Untuk Belajar

Rumah Belajar – Beragam fitur terdapat di layanan digital dengan alamat belajar. kemdikbud.go.id/ itu. Misalnya, sumber belajar, buku sekolah elektronik, bank soal, laboratorium maya, peta budaya, wahana jelajah angkasa, dan kelas maya. Semua fitur itu memberikan kemudahan belajar sesuai dengan yang dibutuhkan khususnya bagi siswa. Selain berisi informasi bahan belajar, Rumah belajar juga menjadi fasilitas komunikasi dan interaksi antar komunitas pendidikan serta sebagai katalog media pembelajaran.

Rumah Belajar

Siswa dapat mengunduh berbagai bahan pelajaran pada setiap fitur yang tersedia asalkan melakukan registrasi terlebih dahulu. Caranya sangat mudah untuk dapat memanfaatkan bermacam-macam fasilitas Rumah Belajar, cukup mengisi data dan informasi yang diminta (tipe pengguna, data sekolah, data diri, dan nama pengguna) di menu Daftar laman tersebut. Jika berhasil, secara otomatis siswa telah menjadi anggota layanan digital itu yang selanjutnya bisa berjelajah berbagai bahan pelajaran yang dibutuhkan. Salah satu fitur Rumah Belajar adalah Sumber Belajar yang memberikan FOKUS FOKUS informasi bagi siswa di semua jenjang mulai dari pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga pendidikan menengah.

Dalam fitur ini, siswa dapat belajar hampir seluruh mata pelajaran di sekolah, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, Pendidikan Agama Islam, Akuntansi, Tata Busana, dan lainnya bahkan hingga pengetahuan umum populer. Fitur lainnya pada Rumah Belajar adalah Bank Soal, fitur ini membantu siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan, ulangan, dan ujian secara gratis. Jika ingin belajar dan melakukan eksperimen di laboratorium secara virtual, siswa juga dapat mengakses fitur Laboratorium Maya.

Ada juga fitur Buku Sekolah Elektronik, di dalamnya berisi buku pelajaran mulai dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah yang dapat dibaca dan diunduh secara gratis. Informasi tentang kebudayaan juga dapat diakses siswa melalui fitur Peta Budaya yang berisi informasi kebudayaan Indonesia seperti tarian, alat musik, museum, dan lainnya mulai dari Sabang sampai Merauke. Fitur menarik lainnya adalah Wahana Jelajah Angkasa yang disiapkan untuk siswa yang tertarik dengan astronomi sehingga mudah mempelajarinya. Selain itu, terdapat fitur Kelas Maya untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21 agar memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Manfaatkan Beasiswa Unggulan Usai Lulus Sekolah
INGIN melanjutkan sekolah ke jenjang pendidikan tinggi secara cuma-cuma. Segera akses layanan digital Beasiswa Unggulan diĀ  beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/ untuk memperoleh berbagai informasi lengkapnya. Beasiswa Unggulan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam meningkatkan akses pendidikan bagi siswa dan masyarakat yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi (Strata 1/S1, Strata 2/S2, dan Strata 3/S3). Kita diperbolehkan memilih kampus sesuai keinginan baik di dalam maupun luar negeri. Program beasiswa unggulan dikelompokkan dalam empat kategori.

Pertama, beasiswa Masyarakat Berprestasi degree diberikan kepada masyarakat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional termasuk peraih medali/penghargaan olimpiade/kompetisi internasional di bidang sains, penelitian ilmiah, keterampilan, seni, olah raga, dan bahasa yang dilaksanakan serta difasilitasi oleh Kemendikbud dan/atau oleh Lembaga llmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Ada juga Beasiswa Masyarakat Berprestasi nondegree yang ditujukan kepada guru dan tenaga kependidikan pada jenjang PAUD sampai dengan SMA/SMK, pegiat budaya, seniman, dan pegiat sosial untuk mengikuti program residensi, menjadi pembicara dalam workshop atau konferensi, utamanya bidang pendidikan dan kebudayaan. Kedua, Beasiswa Nusantara Cerdas yang bekerja sama dengan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Beasiswa khusus jenjang S1 ini diperuntukkan bagi putra-putri terbaik bangsa yang berada di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan terpencil).

Ketiga, Kemendikbud juga memberikan beasiswa bagi mahasiswa asing sebagai bentuk kerja sama dengan negara-negara sahabat di bidang pendidikan dan kebudayaan. Mereka diberikan beasiswa S2 dan S3 di Indonesia bidang pendidikan Bahasa Indonesia, seni, dan budaya. Terakhir, Kemendikbud juga memfasilitasi pegawainya untuk meningkatkan kompetensi melalui Beasiswa Pegawai Kemendikbud. Mereka dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri, atau sekadar pelatihan jangka pendek di luar negeri sebagai pengembangan kompetensinya.

Selain dari beasiswa, sebaiknya orang tua menjadi pemegang polis di asuransi pendidikan anak agar anak tercinta dapat mengenyam pendidikan setinggi-tingginya tanpa terkendala biaya.