Beberapa Resep MPASI 9 Bulan yang Sehat dan Bergizi

Sebagai seorang ibu tentunya Anda harus mengetahui berbagai macam resep MPASI 9 bulan, sebab makanan ini dapat membantu dalam tumbuh kembang si kecil. MPASI merupakan makanan pendamping ASI, jadi makanan ini diberikan walaupun ASI menjadi makanan utama bayi. MPASI sendiri dibedakan berdasarkan usia bayi, sebab jika seorang bayi berusia 9 bulan maka sudah mulai menggunakan tangan untuk makan. Hal ini menandakan bahwa bayi dapat mengkonsumsi berbagai macam makanan, namun tidak semua makanan dapat dikonsumsi.

Serta untuk memberikan MPASI pada bayi berusia 9 bulan maka berikanlah mkanan yang dipotong kecil serta hindari memberikan makanan dalam bentuk bubur.  Namun ketika memberikan makanan, Anda harus pastika bahwa makanan tersebut telah lunak. Oleh sebab itu Anda dapat mencari berbagai macam resep untuk MPASI anak agar tidak memberikan makanan yang itu-itu saja.

Kumpulan Resep MPASI 9 Bulan Yang Terbuat Dari Bahan Mudah Ditemui

Resep MPASI 9 bulan ini tidak hanya terbuat dari bahan yang memiliki gizi tinggi tetapi terdiri dari bahan yang mudah ditemukan serta murah (citation: dedaunan.com). Bahan-bahan ini juga dapat mendukung pertumbuhan si kecil sehingga dapat tumbuh sehat.

  1. Salmon kabocha soup

Terbuat dari salmon, kabocha, wortel, buncis, tahu putih, bawang putih, bawang merah, dan parsley. Untuk wortel dan buncis potonglah bulat tipis, sedangkan tahu putih dipotong dengan kotak kecil. Kemudian cincanglah bawang merah dan bawang putih dengan halus. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengukus salmon dan kabocha sampai lunak, kemudian haluskan dengan garpu.

Lalu tumislah bawang merah dan bawang putih, tidak lupa pula untuk memasukkan salmon dan kabocha halus. Aduklah rata dan tuanglah air, baru Anda dapat memasukkan wortel, bunci, dan tahu putih. Rebuslah sayuran tersebut hingga lunak dan menyusutnya air, kemudian angkatlah dengan ditaburi parsley. Sajikan makanan ini dengan nasi lembek.

  1. Nasi tim tumis udang

Bahan-bahan yang dibutuhkan pada resep ini adalah 2 centong nasi matang, 3 ekor udang yang telah terkupas kulitnya, 1 sendok makan ayam cincang, 1 buah wortel baby yang telah diparut, 2 buah buncis yang telah diiris tipis, 1 bawang putih yang dicincang, 1 bawang merah yang dicincang, 4 lembar daun selederi, 1 gelas air yang telah matang, evoo, dan 1 sendok teh unsalted butter. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan merebus air hingga mendidih lalu masukkan udang sampai berubah warna.

Kemudian air rebusan tersebut didihkan dengan memasukkan nasi sambil diaduk hingga menjadi bubur, lalu cincanglah udang kira-kira dapat dikunyah dengan bayi. Lalu panaskan evo dengan dimasukkan bawang dan masukkan daging ayam sambil diaduk, baru Anda dapat masukkan udang cincang disertai dengan wortel, buncis, dan daun selederi dengan tambahan air sedikit saja.

3.Nasi tim serta wortel dan telur

Menu ini terbuat dari 2 sendom makan beras putih yang telah dicuci bersih, kemudian 300 ml air mendidih, wortel sepanjang 5 cm yang telah dicincang atau dapat diparut, 1 butir telur ayam kampung, dan mentega. Cara pembuatannya juga sangat mudah, dimana Anda hanya perlus memasak beras  kemudian tambahkan mentega dan wortel. Kemudian rebuslah telus telur, apabila nasi timnya telah matang maka tambahkan keju parut. Lalu berikan dalam keadaan hangat, resep MPASI 9 bulan sangatlah mudah dibuat.