7 Desain Ruang Kerja Kantor yang Minimalis

Desain ruang kerja kantor minimalis terkadang jarang mendapat perhatian utama dibandingkan kamar tidur maupun dapur. Hal ini karena ruang kerja seringkali dianggap hanya ruang tambahan saja dan tidak perlu di desain terlalu bagus. Padahal ruang kerja yang kita desain dengan baik akan meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Jika Anda tertarik dengan ruang kerja yang minimalis namun tetap nyaman ada baiknya untuk menyimak tips mendesain ruangan kerja berikut ini atau gunakan jasa desain kantor untuk hasil yang maksimal.

Inilah tips desain ruang kerja kantor minimalis

  1. Menentukan tema desain

Sebelum mengisi ruangan kerja dengan properti kita harus menentukan tema yang ingin kita terapkan. Ada banyak pilihan tema yang bisa kita gunakan dalam mendesain interior ruangan kerja ada gaya minimalis modern, minimalis sederhana hingga minimalis black and White. Tema ruang kerja kantor yang Anda inginkan harus sesuai dengan selera sehingga Anda bisa tetap nyaman dan tenang.

  1. Mendesain dengan cara sederhana

Agar mendapatkan desain ruangan kerja yang minimalis, kita bisa membuat desain yang sederhana dan fungsional. Perencanaan desain yang kita buat tidak perlu menggunakan desain rumit dan terlalu ramai. Karena pada intinya ruangan kerja dibuat agar Anda lebih fokus kepada pekerjaan dan bisa meletakkan dokumen di tempat yang mudah dijangkau.

  1. Menentukan warna yang pas

Ruangan kerja didesain agar kita fokus pada pekerjaan sehingga kita lebih baik memilih warna palet yang tenang. Hindari penggunaan warna yang mencolok dan cerah, agar terkesan lebih rileks. Aplikasikan warna yang tenang, jika kita ingin mengombinasikan lebih dari satu warna sebaiknya pilih yang senada dan tidak kontras. Warna-warna yang simpel pada desain ruang kerja unik akan membuat kita lebih nyaman dan tidak terganggu.

  1. Menggunakan sedikit perabotan

Ruang kerja yang minimalis bisa kita dapatkan dengan memanfaatkan furnitur yang simpel tapi tetap fungsional. Kita bisa memilih properti yang ukurannya kecil hingga sedang agar tidak terlalu memakan banyak ruang. Selain itu ukuran properti juga mempengaruhi pergerakan kita di dalam ruang kerja. Pilihlah juga properti yang fungsional agar memudahkan kita dalam bekerja.

  1. Memanfaatkan aksen yang natural

Jika Anda merasa desain ruang kerja kecil di rumah sebelumnya terlalu kaku dan tidak sesuai dengan harapan, ada beberapa trik yang bisa diterapkan. Anda bisa menyiasati desain ruangan sebelumnya dengan memanfaatkan elemen yang bisa jadikan aksen natural. Seperti memanfaatkan material kayu yang bisa memberi atmosfer alami dan natural. Pilihlah kayu yang kuat dan tahan lama seperti kayu jati, lalu kayu tersebut tidak perlu dilapisi untuk mendapatkan kesan alami yang kuat.

  1. Memanfaatkan warna putih yang elegan

Sebelumnya di jelaskan bahwa ada beberapa desain lain yang bisa kita terapkan, salah satunya adalah all white. Desain ini menerapkan dominasi warna putih pada ruangan kerja kita. Bisa kita terapkan pada sofa, meja, lemari dan bantal. Namun untuk menghindari desain yang terlalu kaku, Anda bisa memilih warna hitam pada kursi kerja.

  1. Sentuhan elegan dan modern

Walaupun ruangan kerja Anda didesain minimalis, namun bukan berarti tidak boleh menerapkan sentuhan modern. Anda tidak perlu ragu untuk sedikit di luar rencana awal dalam mendesain ruangan, sedikit variasi dan improvisasi bisa membuat desain ruangan kerja seperti yang Anda inginkan. Desain ruang kerja kantor minimalis yang Anda inginkan bisa didapat melalui konsep dan ide rancangan awal tadi.